BATIK MILIK INDONESIA

Setelah terjadi polemik yang cukup panjang, akhirnya dunia mengakui batik merupakan salah satu warisan budaya yang dipelopori oleh bangsa Indonesia. Pengakuan dan penghargaan itu secara resmi disampaikan United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO) pada 2 Oktober di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Batik memang tradisi yang tidak hanya dimiliki masyarakat Indonesia. Beberapa bangsa di dunia seperti China, Jepang dan lainnya juga memiliki budaya batik. Namu, mempertimbangkan beberapa alasan, dalam sidang ke-4 Komite Antar Pemerintah ( Fourth Session of The Intergovernmental Committee ) di Abu Dhabi itu, UNESCO, sebagai representasi dunia, akhirnya mengakui bahwa batik resmi milik rakyat Indonesia. Batik Indonesia diakui sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia ( Representatif List of Intangible Cultural Heritage of Humanity).

pengakuan UNESCO itu diberikan terutama karena penilaian terhadap keragaman motif batik Indonesia. Kita tahu, hampir semua wilayah di Indonesia punya motif batik tersendiri. Dahulu barangkali yang terkenal hanya batik Yogya atau Solo saja. Sekarang ada puluhan, ratusan bahkan ribuan motif batik dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia. Selain itu batik Indonesia juga penuh makna filosofi mendalam. Penghargaan ini juga didasarkan pada kiprah pemerintah dan rakyat Indonesia yang dinilai telah melakukan berbagai langkah nyata untuk melindungi, merawat dan melestarikan warisan budaya batik itu secara turun temurun.

Sukses pengakuan Internasional terhadap batik Indonesia, tentu bukan tanpa upaya dan keseriusan. Langkah menuju pengakuan batik sebagai warisan asli budaya Indonesia telah sesungguhnya telah melewati perjuangan dan jalan panjang. Melibatkan banyak pihak yang yang terkait dan berkepentingan dalam industri Batik Busantara. Diantaranya pihak yang terlibat adalah unsur pemerintah Indonesia, kalangan perajin batik, pakar batik, asosiasi pengusaha batik, yayasan dan lembaga batik dan masyarakat luas pecinta batik. Kontribusi mereka dalam penyusunan dokumen nominasi ini telah berjasa bagi pengkuan batik dikancah internasional. Sukses pengakuan batik ini juga tidak lepas dari kerja keras Perwakilan R.I di negara-negara anggota tim juri yakni Uni Emirat Arab, Turki, Estonia, Meksiko, Kenya dan Korea Selatan serta Unesco Paris.

Pengakuan internasional secara resmi terhadap Batik Indonesia tersebut semoga saja mampu meningkatkan citra positif dan martabat bangsa di forum internasional serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap budaya Indonesia. Selain itu mudah-mudahan juga, pengakuan batik ini bisa meningkatkan taraf hidup semua pihak yang terlibat dalam industri batik di Indonesia, terutama para pengrajin batik yang telah berjasa melestarikan budaya batik nusantara ini.

Disarikan dari berbagai sumber, diantaranya:
1. http://www.detiknews.com/read/2009/09/07/181258/1198580/10/unesco-akui-batik-milik-indonesia
2. http://arumsekartaji.wordpress.com/2011/03/13/pengakuan-unesco-atas-batik-indonesia/
3. http://www.kendalkab.go.id/index.php/tahukah-anda-/642-2-oktober-hari-batik-nasional


Tidak ada komentar:

Selamat datang di galleri belanja online baju kaos, baju batik dan jilbab N2f. Shopping online kami melayani pembelian grosir dan satuan berbagai jenis baju kaos, baju batik dan jilbab.


koleksi baju kaos

Pusat baju kaos berkualitas. Kaos Muslim, kaos distro, kaos anak, kaos muslimah, kaos motivasi, kaos Palestina, dll. Baju kaos N2F >>>

koleksi batik Indonesia

Beragam model batik dengan pilihan motif menarik. Bahan batik berkualitas, nyaman dipakai. Tersedia Batik Pekalongan, Batik Solo, dan lainnya.

Dhiti